KAINAMA: “ISLAM AGAMA SEJAK AWAL”

USTADZ KAINAMA: “ALKITAB BERUBAH, USTADZ YAHYA WALONI BENAR LAGI”
September 23, 2019
Show all

Oleh: Ust. Muhammad Kainama

Klik link ini untuk mengetahui tulisan seru Ustadz Kainama yang lain:

ALKITAB BERUBAH, USTADZ YAHYA WALONI BENAR

==========

Memiliki nama lengkap Agustinus Christovel Kainama, adalah seorang mantan pendeta berkapasitas yang akhirnya memutuskan diri untuk masuk Islam.

Cerita tentangnya sangatlah menarik.

Klik Link ini untuk mengetahui biografi lengkap tentang beliau:

http://kristologinews.com/produk-buku/kekristenan-bukan-ajaran-nabi-isa-alaihissalam-hard-cover/

==========

 

ISLAM AGAMA

Agama menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah :

sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan Yang Mahakuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia serta lingkungannya.

Kata lain untuk menyatakan konsep ini adalah religi yang berasal dari bahasa Latin religio dan berakar pada kata kerja re-ligare yang berarti “mengikat kembali”. Maksudnya dengan berreligi, seseorang mengikat dirinya kepada Tuhan.

Surrat Al-Maidah ayat 3.

 

Kitab Suci

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia kata Kitab memiliki arti sebuah buku sedangkan kata Suci memiliki arti (bersih, dalam arti keagamaan yaitu bebas dari dosa, bebas dari noda, bebas dari kesalahan).

Di dalamnya berisi WahyuTuhan yang telah dibukukan yang memuat ajaran-ajaran tentang seluruh aspek kehidupan bagi seluruh umat beragama.

Surat Al-Baqarah ayat 185.

 

  1. Agama Islam

Kitab suci Agama Islam adalah ―Al-Qur’an―. Terdiri dari beberapa bagian yang disebut dengan surah. Terdapat 114 surah dalam AL-Qur’an, yang mana dalam setiap surah terdapat beberapa ayat. Sebagai contoh, Al Baqarah adalah surah terpanjang yang memiliki 286 ayat. Sedangkan untuk surah yang terpendek berisikan 3 ayat seperti surah Al Kautsar.

Konsep Tuhan dalam Agama Islam jelas. Termaktub dalam Surat Al-Ikhlas ayat 1-4.

  1. Agama Kristen Protestan

Kitab suci Agama Kristen Protestan adalah ―Alkitab―, yang terdiri dari 66 kitab (39 kitab Perjanjian Lama dan 27 kitab Perjanjian Baru).

Konsep ke-Tuhanan dalam Kekristenan adalah monoteisme, yang percaya akan tiga pribadi (secara teknis dalam bahasa Yunani hypostasis) Tuhan atau Tritunggal atau Trinitas.

Tritunggal dipertegas pertama kali pada Konsili Nicea Pertama (325 M) yang dihimpun oleh Kaisar Romawi Konstantin I.

Konsep ke-Tuhanan Trinitas dalam agama Kristen tidak diketemukan dan sama sekali tidak ada di dalam kitab suci Kristen yaitu Bible atau Alkitab.

Tentang konsep dogmatis Trinitarian inipun bahkan para ahli dan petinggi Kristen dan Katholik masih berada dalam ketidak pastian dan keraguan, karena ada sebagian para ahli dan petinggi theology yang menemukan bukti fakta sejarah bahwa ide paling awal tentang dogma trinitas baru ada setelah tanggal 27 Februari tahun 380 Masehi setelah kaisar Theodosius me-maklumatkan dekrit kaisar yang berjudul Religio Licita.

Sebelum konsep Trinitarian ini ada, umat pengikut ajaran dari Yeshua ha masiakh, sampai dengan tahun 325 Masehi masih berpegang kuat pada konsep ke-Tuhanan “unitarian” atau konsep ke-imanan “Tuhan yang satu” (konsep ke-imanan Tauhid yang di imami oleh imam Arius), sesuai dengan inti pengajaran Yeshua (dan semua nabi yang tertulis dalam kitab Torah dan Tehiliim atau Zabur) yaitu : “sh’ma yisrael, adonay ellohenu adonay echad” yang artinya : “dengar hai Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu satu”.

 

  1. Agama Katolik

Kitab suci Agama Katolik adalah ―Alkitab―, yang terdiri dari 72 kitab (Perjanjian Lama terdiri dari 46 kitab sedangkan Perjanjian Baru terdiri dari 27 kitab).

Konsep ke-Tuhanan :

Hubungan antara Allah Bapa, Allah Anak, dan Allah Roh Kudus dalam Scutum Fidei, menjelaskan garis besar konsep Tritunggal.

Keberadaan Maria Ibunda Yesus sebagai Bunda Allah justru menjadikan konsep dogma Katholik bertentangan dengan isi kitab suci nya sendiri yaitu Bible Deuterokanonika.

 

  1. Agama Hindu

Kitab suci Agama Hindu adalah Weda, yang biasa disebut juga dengan nama Catur Weda, yaitu Regweda, Yajurweda, Samaweda dan Atharwaweda.

Tuhan dalam agama Hindu sebagaimana yang disebutkan dalam Weda adalah Tuhan tidak berwujud dan tidak dapat digambarkan, bahkan tidak bisa dipikirkan. Dalam bahasa Sanskerta keberadaan ini disebut Acintyarupa yang artinya: tidak berwujud dalam alam pikiran manusia.

Tuhan dalam agama Hindu adalah aplikasi dari tiga karya Acintyarupa yaitu :

Brahman – Arman – dan Bagavan.

 

  1. Agama Buddha

Kitab suci Agama Buddha adalah Tripitaka.

Tripitaka atau “Tiga Keranjang”, adalah tiga kumpulan kitab suci : Suta Pitaka, Vinaya Pitaka, dan Abhidharma Pitaka.

Tuhan dalam agama Buddha bukanlah Siddharta Gautama. Buddhisme juga menolak adanya sosok mahakuasa sebagai pencipta dan menyatakan bahwa alam semesta diatur oleh lima hukum kosmis (Niyama Dhamma), yakni Utu Niyama, Bija Niyama, Kamma Niyama, Citta Niyama, dan Dhamma Niyama

 

  1. Agama Kong Hu Cu

Kitab suci Agama Kong Hu Cu dibagi ke dalam beberapa kelompok, yaitu sebagai berikut :

– Wu Jing (Kitab Suci yang Lima), terdiri dari : Kitab Sanjak Suci (Shi Jing), Kitab Dokumen Sejarah (Shu Jing), Kitab Wahyu Perubahan (Yi Jing), Kitab Suci Kesusilaan (Li Jing), Kitab Chun-qiu (Chunqiu Jing).

– Si Shu (Kitab Yang Empat), terdiri dari : Kitab Ajaran Besar (Da Xue), Kitab Tengah Sempurna (Zhong Yong), Kitab Sabda Suci (Lun Yu), Kitab Mengzi (Meng Zi).

– Xiao Jing (Kitab Bhakti)

 

Tema tulisan ini :

 

Arti: Katakanlah: “Siapakah yang lebih kuat persaksiannya?” Katakanlah: “Allah”. Dia menjadi saksi antara aku dan kamu. Dan Al Quran ini diwahyukan kepadaku supaya dengan dia aku memberi peringatan kepadamu dan kepada orang-orang yang sampai Al-Quran (kepadanya). Apakah sesungguhnya kamu mengakui bahwa ada tuhan-tuhan lain di samping Allah?” Katakanlah: “Aku tidak mengakui”. Katakanlah: “Sesungguhnya Dia adalah Tuhan Yang Maha Esa dan sesungguhnya aku berlepas diri dari apa yang kamu persekutukan (dengan Allah)”.

 

َ ُ َُْ

َ

َ

 

َ َ

َّ

 

َ

َ

ُ

َ

َ

ُ

 

َ َ َ

ْ

ُ ََْ َ

َّ

 

ُ  ُ

ُ ْ

ُ

 

 

ُ َْ

 

َ

َُ

 

 

 

 

 

 

ْ  ْ َ

 

 

 

ُ

 

 

 

ْ

 

 

ْ

 

 

ُ

 

 

﴾٠٢﴿ نونمِؤي لا مهف مهسفنأ اوسِخ نيذلا مهءانبأ نوفرعي امك هنوفرعي باتكلا مهانيتآ نيذلا

 

ِ

 

 

ِ

 

ِ

 

 

 

 

ِ

 

 

ِ

 

ِ

 

ِ

 

                                           

 

Orang-orang yang telah Kami berikan kitab kepadanya, mereka mengenalnya (Muhammad) seperti mereka mengenal anak-anaknya sendiri. Orang-orang yang merugikan dirinya, mereka itu tidak beriman (kepada Allah).

 

Al Qur’an Surat Al An’am (6) ayat 19 & 20.

 

Pengenalan – Pengetahuan – Pemahaman – Pengertian dan Keimanan akan Kebenaran Konsep ke-Tuhanan serta hubungan ke-imanan melalui pelaksanaan tatanan ibadah ciptaan (manusia) kepada Pencipta nya (Tuhan) yang hanya bergantung kepada aturan yang dipercaya sebenar-benarnya berasal dari petunjuk kata-kata Tuhan (Firman Tuhan) yang termaktub didalam Kitab Suci, adalah dengan demikian sebagai bagian terpenting dalam menjalankan kehidupan beragama yang sebenarnya, dan yang tentu saja berdampak kebaikan pada dua sisi manusia, yaitu pada sisi manusia saat dia hidup dan saat manusia hidup setelah kematian.

Dengan segala rasa kerendahan hati pada kesempatan ini akan di lihat hanya dari tiga pandangan konsep beragama yang ada di Indonesia yaitu : agama Islam, Kristen dan Katholik. Mengapa demikian ? Hal ini disebabkan karena pada agama Hindu – Buddha dan Kong Hu Chu tidaklah dapat ditemukan petunjuk frasa “Firman Tuhan” atau “Tuhan Berfirman” di dalam seluruh tulisan kitab suci-nya.

Kitab suci agama Kristen & Katholik,

Al-kitab atau Bible.

Alkitab berasal dari bahasa Arab yang artinya buku. Bible adalah rujukan kata lain untuk Alkitab yang diambil dari bahasa Inggris, yang sebenarnya berasal dari kata “biblos” dalam bahasa Yunani yang artinya juga buku.

Bible terdiri dari dua bagian yaitu Perjanjian Lama dan Perjanji Baru. Kitab-kitab Perjanjian Lama (ditulis dalam bahasa Ibrani dan bahasa Aramaic – bahasa aslinya Yesus)sebenarnya adalah kumpulan kitab suci milik bangsa Ibrani (bukan Yahudi) yang untuk selanjutnya sejak kurang lebih 200 tahun sebelum Masehi di klaim sebagai kitab suci agama Yahudi.

Kumpulan kitab Perjanjian Lama ini sejati nya bernama “TNKH” נת”ך (dibaca : ‘tanakh), yaitu yang berarti : kumpulan kitab suci yang berisi tiga kumpulan besar kitab-kitab, Torah (Taurat), Nevi’im (kitab para nabi), dan Khetubvi’im (kitab-kitab kidung atau pujian).

Nama “Mikhra” (ארקמ), artinya “yang dibaca”, adalah kata Ibrani lainnya untuk Tanakh.

“Mikhra” ארקמ yang adalah nama lain dari kitab suci ibrani, berasal dari kata kerja bahasa Ibrani “li-khiroo” אורקל yang artinya baca.

Perjanjian Baru (aslinya ditulis dalam bahasa Yunani yang bukan bahasa Yesus) adalah bagian dari Bible yang berisi kisah tentang Yesus. Mulai ditulis pada kurang lebih tahun 85 Masehi s/d 100 Masehi (80 tahun s/d 100 tahun setelah Yesus diangkat kelangit !). Tulisan tentang Yesus ini ditulis oleh penulis-penulis yang tidak diketahui kebenaran identitasnya dan bukanlah orang yang menjadi murid atau sahabat hawariyiin dari Yesus, dan orang yang sama sekali tidak pernah bertemu dan mengenal Yesus.

Kitab Matius – Markus – Lukas – Yohanes, sampai hari ini oleh para imam petinggi serta ilmuwan theology Kristian dan Katholik, tidak pernah bisa di pastikan identitas penulisnya.

Ke-empat kitab utama ke-Kristenan dan Katholik ini adalah penulisan (pencatatan) tentang pengajaran dan kata-kata Yesus yang dikumpulkan dari cerita lisan turun temurun.

Temuan para ahli theology Kristen dan Katholik yang salah satunya paling menggetarkan kalangan umat Kristen dan Katholik adalah : Kebenaran bahwa nama Yesus yang asli adalah “i(e)shoo” yang pada pengucapan nya dalam bahasa asli Yesus yaitu bahasa Aramaic terdengar sebagai “ishoo” dengan pengucapan i didepan kata menggunakan ucapan huruf ‘ain.

“Aramaic and Classical Syriac render the pronunciation of the same letters as ieshuuʕ (yešuʕ) /yeʃuʕ/ and ishoʕ (išoʕ)/iʃoʕ/. The Aramaic Bibles and the Peshitta Syriac preserve these same spellings”.

ieshua and ieshu in Hebrew :

iesous and ieso in Greek : Ιησους

Semua saudara Kristen dan Katholik di republik ini, jika ada seorang muslimin atau muslimat yang “pindah agama” dari Islam ke Kristen atau Katholik selalu mengatakan :

“Tidak ada ‘damai’ di dalam Islam, ‘damai’ hanya ada didalam Kristen atau Katholik karena Yesus raja damai.

 

Well, check this out :

Matius 10:34, Lukas 22:36, dan Lukas 19:27.

1 Korintus 11:3 (paling bagus jika dibaca terjemahan bahasa Arab nya).

Bible bukanlah kitab suci yang menuturkan tentang agama Kristen atau Katholik.

Tidak ada satu ayatpun didalam Bible yang membenarkan iman Kristen atau Katholik.

Tidak ada satu ayatpun dalam bible yang mengatakan tentang “Kristen atau Katholik itu agama dari Tuhan (agama samawi)”. Tidak ada satu ayatpun didalam Bible yang mengatakan bahwa sosok Yesus adalah Tuhan (Allah) yang ber-inkarnasi menjadi manusia untuk mati dikayu salib sebagai “penebus dosa seluruh umat manusia”.

Tidak ada satupun ayat tentang trinitas : Tuhan Bapa, Tuhan Anak, Tuhan Roh Kudus. Bible bukan tentang Kristen atau Katholik.

Jika kita dengan segala keterbukaan hati membaca Bible, lalu melihat kenyataan dogmatis gereja bahwa Yesus adalah Tuhan karena pengajaran gereja, maka orang Kristen dan Katholik lebih layak untuk menyembah Moses menjadi Tuhan karena ayat didalam Alkitab atau Bible nya ada.

Exodus 4:16—Moses as God to Aaron

―And he shall speak for you to the people, and he shall be as your mouth, while you shall be to him as God‖ (Exod.4:16).

Exodus 7:1—Moses as God to Pharaoh

―Behold, I have made you God to Pharaoh, and Aaron your brother shall be your prophet‖ (Exod. 7:1).

Dan yang lebih parah adalah, didalam Bible dikatakan bahwa setan adalah ilah atau penguasa dunia ini. Apakah orang Kristen dan atau Katholik menyembah setan ? Tentu saja tidak.

 

2 Korintus 4:4

Setan, who is the god of this world, has blinded the minds of those who don’t believe. They are unable to see the glorious light of the Good News. They don’t understand this message about the glory of Christ, who is the exact likeness of God.

2Kor 4:4 1

Nas : 2Kor 4:4

Perkataan “ilah zaman ini” menunjuk kepada Iblis (Yoh 12:31; Yoh 14:30; 16:11; Ef 2:2; 1Yoh 5:19) yang memegang kuasa atas banyak kegiatan pada zaman sekarang ini. Akan tetapi, pemerintahannya itu bersifat sementara dan bersyarat.

(Penjelasan para ahli Alkitab atau Bible di SABDA.ORG, website resmi Alkitab Kristen Indonesia).

Ma’af kan.

Atau jika saudara Kristen dan Katholik meng-imani dogma gereja bahwa Yesus Tuhan karena beliau Yesus lahir tanpa ayah, maka Adam dan Melkisedekh lebih layak menjadi Tuhan yang disembah saudara Kristen dan Katholik karena beliau Adam dan Melkisedekh dalam Bible tidak memiliki ayah dan ibu serta silsilah.

Kitab Ibrani pasal 7 ayat 1 s/d 3 :

7:1 Sebab Melkisedek adalah raja Salem dan imam Allah Yang Mahatinggi; ia pergi menyongsong Abraham ketika Abraham kembali dari mengalahkan raja-raja, dan memberkati dia.

7:2 Kepadanyapun Abraham memberikan sepersepuluh dari semuanya. Menurut arti namanya Melkisedek adalah pertama-tama raja kebenaran, dan juga raja Salem, yaitu raja damai sejahtera.

7:3 Ia tidak berbapa, tidak beribu, tidak bersilsilah, harinya tidak berawal dan hidupnya tidak berkesudahan, dan karena ia dijadikan sama dengan Anak Allah, ia tetap menjadi imam sampai selama-lamanya.

Dan,

Jika saudara Kristen dan Katholik meng-imani dogma gereja bahwa Yesus Tuhan karena disebabkan beliau Yesus diangkat ke ‘sorga’ dengan raga nya, maka setiap orang Kristen atau Katholik juga menjadikan Henokh dan Elia sebagai Tuhan dan menyembah mereka.

 

Kitab Kejadian pasal 5 ayat 21-24 :

5:21 Setelah Henokh hidup enam puluh lima tahun, ia memperanakkan Metusalah.

5:22 Dan Henokh hidup bergaul dengan Allah selama tiga ratus tahun lagi, setelah ia memperanakkan Metusalah, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan.

5:23 Jadi Henokh mencapai umur tiga ratus enam puluh lima tahun.

5:24 Dan Henokh hidup bergaul dengan Allah, lalu ia tidak ada lagi, sebab ia telah diangkat oleh Allah.

 

Didalam kitab 2 Raja-raja pasal 2:1 & 11 :

2:1 Menjelang saatnya TUHAN hendak menaikkan Elia ke sorga dalam angin badai, Elia dan Elisa sedang berjalan dari Gilgal.

2:11 Sedang mereka berjalan terus sambil berkata-kata, tiba-tiba datanglah kereta berapi dengan kuda berapi memisahkan keduanya, lalu naiklah Elia ke sorga dalam angin badai.

 

Bible Perjanjian Baru ditulis dalam bahasa Yunani. Yesus adalah orang Ibrani. Yesus hidup di Betlehem – Nazareth – Palestina. Berbicara dalam bahasa Ibrani – Aramaic dialeknya Syriac.

Bahasa yang paling mirip dengan bahasa Ibrani – Aramaic adalah bahasa Arab. Karena bahasa Ibrani Aramaic dan bahasa Arab adalah bahasa serumpun yaitu : rumpun bahasa Semitic.

Jadi, jika ingin mengetahui tentang apa sebenarnya isi Bible, maka kita harus membaca Bible dalam bahasa Ibrani atau Arab.

Tetapi bahasa Ibrani itu sulit.

Yang agak lebih memudahkan adalah dengan membaca terjemahan Bible dalam bahasa Arab.

Mari kita baca ayat Bible dalam bahasa Arab, untuk mengetahui serba sedikit tentang : apa sebenarnya inti ajaran Bible.

 

  1. Markus 10:18 & Yohanes 8:41 & 20:19.

 

  1. 1 Petrus 5:14 & Matius 10:12.

 

  1. Al Maidah ayat 72, Ali Imran ayat 51 dan Yohanes 20:17.

 

  1. Kitab Kejadian pasal 1.

 

  1. Kitab Ibrani 1:1

 

  1. Kitab Yohanes pasal 1

 

  1. Kitab Ezra 5:1

 

  1. Kitab Mazmur 20:5

 

  1. Kitab Yakobus 4:15

 

  1. Kitab 1 Korintus 8:3

 

  1. Kitab Yesaya 29:12

 

  1. Kitab Kidung Agung 5:16

 

  1. Kitab Yesaya pasal 42.

 

Di point dibawah ini, akan lebih bisa dimengerti jika membaca Bible dalam bahasa Arab dan bahasa Indonesia.

 

  1. Kitab Yohanes 17:3

 

  1. Kitab Markus 12:29

 

  1. Yohanes 4:19 – 26.

 

  1. Lukas 24:41

 

  1. Ulangan 6:4

 

  1. Ulangan 5:7

 

  1. Keluaran 3:5

 

  1. Keluaran 30:20

 

  1. Ulangan 14:8

 

  1. Kejadian 17:14

 

  1. 1 Korintus 11:6

 

  1. Imamat 10:9

 

  1. Nehemia 8:6

 

  1. Lukas 1:1 – 4.

Arti: Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam); sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat. Karena itu barangsiapa yang ingkar kepada Thaghut dan beriman kepada Allah, maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang amat kuat yang tidak akan putus. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Surat Al-Baqarah ayat 256.

 

Inti pengajaran Bible adalah :

Kitab Ulangan pasal 5:7, pasal 6:4, dan pasal 18:18 – 19 (dalam bahasa Indonesia dan Hebrew dan Arab).

Dengan segala kerendahan hati, silahkan direnungkan secara pribadi, sebenarnya ayat-ayat dalam Bible itu membicarakan tentang agama apa.

Mohon ma’af atas segala ke-khilafan serta kesalahan.

 

Terimakasih.

ANDA INGIN MENJADI KRISTOLOG HANDAL?
Atau Anda Ingin Berdakwah Agar Saudara atau Kerabat Anda Mendapatkan Hidayah Masuk Islam?

Anda cukup membekali diri dengan Buku-Buku Kristologi luar biasa karya Ust. Insan LS. Mokoginta.
Ust. Insan LS. Mokoginta adalah seorang mantan Misionaris Kristen. Peraih Muallaf Award. Beliau merupakan salah satu tokoh yang berhasil membuat ribuan orang mendapatkan hidayah masuk Islam.
Ust. Insan LS. Mokoginta memiliki ilmu-ilmu cerdas di bidang Kristologi. Trik-trik dan kuncian khas yang jitu untuk membuat banyak orang sadar sehingga masuk Islam.

Info lengkap, hubungi kami:
+62 8233 121 6100 (WhatsApp, Call, SMS)

Link Chat: wa.me/6282331216100
Email: kristologinews@gmail.com
Website: www.KristologiNews.com

Artikel ini disampaikan sebagai ilmu dan wawasan untuk kalangan Islam sendirI.
Artikel ini bukan dalam rangka konteks SARA, melainkan dalam rangka sebagai ilmu dan wawasan untuk kalangan Ummat Islam sendiri, dikarenakan Yesus sendiri di dalam Islam berkedudukan sebagai seorang nabi atau seseorang yang mulia utusan Tuhan.
Adapun apabila di dalam artikel ini terdapat uraian bible, maka hal itu dikarenakan kami sebagai ummat Islam beriman kepada semua kitab, termasuk di dalamnya: bible. Perihal konten bible terdapat distorsi atau tidak, kami sebagai Ummat Islam bersikap tawakkuf (tidak mengiyakan dan tidak pula menidakkan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

paykasa paykasa al uygun paykasa al ucuz paykasa astropay paykasa astropay al uygun astropay ucuz astropay paykasa bozum astropay bozum güvenilir paykasa